-->

Cooling fan error (902) pada Laptop HP & Compaq


For Newbie Only, Yang dah expert boleh di SKIP….Pernahkah teman teman menemui pesan seperti ini saat menghidupkan Laptop dari keluarga HP & Compaq?
“The system BIOS has detected a possible issue with the cooling fan,The cooling fan is an Important Part of a notebook PC. Operation of a notebook PC for an extended period of time without the cooling fan may result in permanent damage to the notebook PC.Cooling Fan (902)Enter – Shutdown “

adalah pesan yang beberapa waktu lalu membuat aku penasaran. Beberapa waktu lalu salah satu pelanggan saya mengalami masalah dengan notebook Compaq (klo gak salah CQ43), ketika dinyalakan di BIOS ada pesan kesalahan seperti diatas.

setelah restart notebook dapat hidup tapi di dalam notebook suara kipas sangat bising, ini sangat menakutkan bagi mereka yang awam tentang komputer,

sebagai orang yang istilah jawanya “dipasrahi” maka saya harus berpikir cepat dan tepat, saya cari letak kesalahan dan kerusakan, karena notebook baru 4 bulan, dan saya juga yang merekomendasikan dia beli Notebook tersebut, saya tidak berani membongkar Notebook dengan pertimbangan hal ini akan membatalkan garansi resmi dari HP. Sedangkan kalau mau klaim garansi prosesnya lama dan User gak sabar nunggu klo harus berbulan-bulan, saya mencoba mencari alternatif lain , saya coba melepas baterai, kemudian saya diamkan beberapa saat dan aku meniup dengan keras pada beberapa ventilasi udara, dan sangat luar biasa, semua kembali normal dan pesan errornya hilang ,

kipas pendingin adalah Bagian Penting dari sebuah PC notebook. Operasi dari notebook PC untuk jangka waktu lama tanpa kipas pendingin yang memadai dapat menyebabkan kerusakan permanen pada notebook ,

setelah suara kipas kembali normal, saya menyimpulkan ternyata pesan tersebut terjadi karena Fan kotor terkena debu atau rambut atau sampah lainnya yang mengganggu sirkulasi udara & pendingin prosesor, karena prosesor & motherboard notebook panas sysytem kemudian mengeluarkan pesan tersebut , mudah-mudahan ini dapat membantu teman teman yang menggunakan HP & notebook Compaq

SEMOGA BERMANFAAT BUAT ANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan, terima kasih