-->

Cara Mengatur Gmail di Outlook 2013




   Disini adalah bagaimana Anda dapat cara mengatur Anda Gmail di Outlook 2013 menggunakan POP3 atau IMAP.
Dengan antarmuka yang intuitif dan sejumlah fitur yang berguna, Gmail tidak diragukan lagi platform terbaik untuk mengelola mail Anda. Namun, ada beberapa alasan mengapa orang ingin membuat mereka akun Gmail di Microsoft Outlook. Seperti, bila Anda memiliki beberapa account email untuk mengelola, Anda akan lebih memilih platform tunggal pada Microsoft Outlook untuk melakukan itu. Anda juga mungkin ingin menggunakan outlook sebagai cadangan perangkat lunak untuk menyimpan pesan Gmail Anda secara lokal pada komputer Anda.

POP3 dan IMAP

POP3 dan IMAP keduanya protokol yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke server mail dan mengambil email Anda. Dengan POP3, semua email Anda di-download ke komputer Anda terlebih dahulu sebelum Anda dapat melihatnya di email client seperti Microsoft Outlook atau Thunderbird. Ketika Anda membaca email di Outlook, email Anda akan ditandai sebagai dibaca secara otomatis dalam perangkat lunak, tetapi masih akan ditandai sebagai belum dibaca pada server mail, misalnya dalam akun Gmail Anda. Hal yang sama berlaku jika Anda menghapus email di Outlook – Anda masih akan melihat email melalui versi web-based di Gmail, meskipun Anda telah dihapus dalam Microsoft Outlook.

Berbeda dengan POP3, IMAP sync semua perubahan yang telah dilakukan pada klien email Anda (Microsoft Outlook). Anda harus menggunakan IMAP jika Anda mengakses email Anda melalui beberapa perangkat seperti komputer kantor Anda, laptop, tablet atau ponsel Anda. Hal ini karena jika Anda telah menghapus email ketika Anda mengakses kotak masuk Anda pada laptop Anda, dan kemudian login ke inbox Anda lagi pada tablet Anda, Anda tidak akan ingin melihat email yang Anda sebelumnya telah dihapus, kan? Email Anda sebelumnya membaca juga akan ditandai sebagai dibaca di semua perangkat Anda.

Saya sarankan Anda untuk menggunakan IMAP melalui POP3 karena akan menghemat waktu dan ruang jika Anda menggunakan beberapa perangkat untuk mencapai kotak masuk Anda. Jika Anda berniat untuk menggunakan Outlook untuk tujuan cadangan, kemudian menggunakan POP3.

Mengatur Gmail menggunakan POP3

1.   Sebelum Anda mengatur Microsoft Outlook, pertama-tama Anda harus mengaktifkan POP di Akun Gmail Anda. Untuk melakukan itu, arahkan ke ikon gigi roda berbentuk kecil di sudut kanan atas layar Anda. Klik Settings dari menu drop down. Lalu pergi ke Forwarding and POP/IMAP tab.

2.   Dalam bagian kedua berkaitan dengan POP download , memungkinkan POP dan memilih dari dua pilihan pertama, Enable POP for all mail atau Enable POP for mail that arrives from now on.

Tergantung pada apa kebutuhan Anda, tweak pengaturan yang terkait dengan tindakan yang dilakukan bila e-mail yang diakses dengan POP.

3.   Mulai Microsoft Outlook dan arahkan ke File di bagian atas dan klik pada tombol Add Account di bawah Informasi Rekening.

4.  Pada jendela Tambah akun, centang pilihan di bagian bawah, secara manual mengkonfigurasi pengaturan server, dan kemudian klik next.

5.   Pilih opsi pertama Internet Email dan klik next.

6.   Masukkan nama dan alamat email pada informasi pengguna. Dalam Informasi server, pilih POP3 sebagai jenis account. Masukkan server surat masuk dan keluar. Untuk Gmail, server mail yang masuk pop.gmail.com dan server keluar adalahsmtp.gmail.com. Berdasarkan informasi Login, masukkan username (alamat email Gmail Anda) dan password Gmail Anda.

7.   Sekarang, pergi ke More Settings . Arahkan ke Outgoing server dan memungkinkan pilihan pertama Server keluar saya membutuhkan otentikasi. Pilih pilihan pertama Use same settings as my incoming mail server.

8.   Arahkan ke Advanced tab dan masukkan nomor port yang sesuai. Untuk server surat masuk, masukkan 995 dan mengaktifkan pilihan server ini membutuhkan koneksi terenkripsi. Dalam server surat keluar, masukkan nomor 465 dan memilih SSL dari daftar drop-down.


9.   Setelah Anda selesai dengan itu, klik OK dan kembali ke jendela pengaturan Gmail. Di bawah Uji Account Email pengaturan, aktifkan opsi otomatis menguji pengaturan akun saat Selanjutnya diklik. Kemudian klik pada Next . Outlook akan mengirim pesan tes email ke akun Anda. Jika email sudah berhasil disiapkan, Anda akan menerima email tes di kotak masuk Anda.

Setelah Anda mengatur itu berhasil, Anda tidak perlu repot-repot dengan pengaturan lagi. Sudah waktunya untuk duduk kembali dan bersantai sementara Anda dapat menggunakan antarmuka yang sederhana dari Microsoft Outlook untuk mengirim dan menerima email dari alamat Gmail Anda.

Mengatur Gmail menggunakan IMAP

Menyiapkan Gmail di Outlook 2013 menggunakan IMAP hampir sama dengan POP3 kecuali bahwa ia menggunakan mail server alamat yang berbeda masuk dan port.

1Ulangi langkah 1 sebagai untuk POP3 dan IMAP samping akses di akun Gmail Anda, pilih Enable IMAP 

1.   Ulangi langkah 2-5. Pada jendela Add Account, pilih IMAP sebagai jenis account Anda. Gunakan pengaturan berikut:
Server surat masuk: imap.gmail.com
Server surat keluar: smtp.gmail.com

2.    Kemudian klik More Settings , pergi ke Advanced tab.Gunakan pengaturan berikut:
Incoming server (IMAP): 993
Jenis sambungan terenkripsi: SSL
Outgoing server (SMTP): 25
Jenis sambungan terenkripsi: TLS

3.    Kemudian klik Ok

Sekarang Anda harus kembali pada Add Account layar. Klik Next untuk menyelesaikan set up dari akun Gmail Anda di Outlook 2013.

4.    Mengambil email Anda

Apapun protokol yang telah Anda pilih di atas untuk terhubung dengan Gmail Anda di Outlook 2013, langkah-langkah untuk mengambil email Anda dari server Gmail adalah sama. Pada jendela Outlook utama Anda, klik Send/Receive tab di bagian atas. Kemudian klik Send/Receive all Folders.

SEMOGA BERMANFAAT BUAT ANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan, terima kasih